29/09/10

* Vegetarian, Apa Manfaatnya?














MANUSIA dirancang bukan untuk memakan daging. Hal itu dapat dilihat dari susunan gigi, ukuran mulut termasuk usus. Dari ketiga hal itu, manusia tidak tergolong pemakan daging. Oleh karenanya tidak heran begitu banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat memakan daging, termasuk di dalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular, penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dll.
Ilmu pengetahuan telah lama membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Jauh sebelumnya, tahun 1961, majalah Journal of American Medical Association menyatakan, "Makanan vegetarian bisa mencegah 97 persen dari penyumbatan urat nadi jantung."
Jika seorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat, itu akan diubah menjadi glukosa dan tersimpan di dalam hati (lever) dan otot dalam bentuk glikogen. Banyaknya glikogen pada otot penting untuk mengubah ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP (Adenosine Diphosphate) -- yang menghasilkan tenaga. Karena itu, lebih banyak jumlah karbohidrat yang dimakan, lebih banyak tenaga dihasilkan. Daging tidak mengandung karbohidrat sedikit pun. Sebab itu, seorang vegetarian akan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Pedoman Suatu Makanan

Gunakan aneka ragam padi-padian (biji-bijian) dan sayur-sayuran. Siapkan makanan sesederhana mungkin, namun menarik dan mendatangkan selera. Rebus, bakar atau panggang, gantinya menggoreng. Hindari lemak. Gunakan semua jenis lemak sejarang mungkin (minyak nabati, lebih baik). (pusat data)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar