29/09/10

* ''SpaceshipTwo'' Selesai Wisata Ruang Angkasa 18 Bulan Lagi

Kuala Lumpur -
Entrepreneur miliuner Richard Branson mengatakan perusahaan Virgin Galactic miliknya berada pada tahap akan memberikan penawaran wisata angkasa dalam rentang 18 bulan ke depan. Setelah semuanya berjalan, maka hotel ruang angkasa akan menjadi target selanjutnya.

Proyek prestisius SpaceshipTwo, sebuah pesawat dibuat oleh insinyur penerbangan Burt Rutan dan dirancang untuk mengangkut penumpang menuju orbit ruang angkasa, sudah melakukan penerbangan perdana di gurun California, Maret lalu.


''Kami baru saja selesai membuat SpaceShipTwo. Kini kami menargetkan 18 bulan lagi untuk membawa penumpang menuju angkasa,'' terang Branson di sela konferensi bisnis di Kuala Lumpur. Ia menambahkan, tiket yang harus dibayar calon penumpang sebesar 200.000 dolar.


Virgin Galactic ingin menjadi perusahaan komersial pertama yang mempromosikan wisata angkasa. Mereka sudah mengumpulkan 45 juta dolar dalam bentuk deposit dari 330 orang lebih yang sudah memesan kursi di dalam kabin pesawat yang berkapasitas enam orang tersebut.


Branson juga memiliki visi menciptakan hotel di ruang angkasa, yang nantinya digunakan oleh wisatawan sebagai pangkalan singgah pesawat angkasa sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bulan.


''Kami ingin membuat hotel ruang angkasa. Kami juga mencintai bulan,'' terang taipan ini, Selasa (28/9) kemarin. Ia menambahkan, tertarik meluncurkan sebuah "satelit kecil menuju orbit" untuk kemajuan sekolah dan universitas.


Di bawah skema brainchild milik Branson, pesawat SpaceshipTwo akan diluncurkan menuju angkasa dengan bantuan pesawat pendorong White Knight Two (WK2).


WK2 dirancang membawa SpaceshipTwo menuju ketinggian 16 km sebelum melepas pesawat kecil tersebut dan menggunakan tenaga pendorong sendiri untuk melesat menuju ruang angkasa.


Saat berada di suborbit angkasa, penumpang SpaceShipTwo bisa menyaksikan pemandangan mengagumkan Bumi dari sudut pandang berbeda atau melepaskan sabuk pengaman untuk mengapung pada gravitasi nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar